Cara Membuat Blog dan Mengapa Kamu Memerlukannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seringkali kamu mendapat ide konten menarik yang mungkin dapat dieksekusi alias doable untuk dijadikan konten blog. Jangan sampai ide tersebut terlewat begitu saja hanya karena kamu tidak tahu cara membuat blog.

Tapi, apakah blog masih patut dilirik di tahun 2020? Menurut Oozlemedia.com, 67% orang perlu membaca sekitar 3-5 blog untuk mengetahui topik utama atau produk yang ditawarkan oleh website sehingga jawaban singkatnya adalah “Ya, blog masih patut dilirik.” Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui tujuanmu menggunakan blog, ragam jenis hingga cara membuat blog.

Baca Juga :

Ketika memutuskan untuk menulis blog, tak ada yang bisa mengalahkan kebebasanmu untuk beropini. Lima puluh tahun lalu, mungkin hanya media-media besar saja yang mampu mengutarakan pendapat kepada massa.

Namun sekarang, semua orang sudah bisa membagikan pemikiran mereka bahkan hingga mengubah haluan suatu opini. Meski media sosial seringkali menjadi media yang digunakan untuk mengemukakan pendapat, tapi blog masih jadi yang utama. Sebab, selain wadah yang memudahkan penulis mengutarakan ide dan pemikiran, cara membuat blog juga tak sesulit yang diperkirakan, lho.

Blog Untuk Apa ?

Tapi kalau dipikir lagi, kira-kira apa tujuanmu membuat blog? Jangan hanya memahami cara membuat blog saja, tapi coba simak dulu beberapa jenis blog yang cocok dan sesuai alasanmu membuat website berikut sebelum mempelajari cara membuat blog.

Hobi menulis:

  • Blog traveling

Saat kamu melakukan perjalanan, jangan lupa catat dalam buku harian. Tak hanya mengingatkanmu akan pengalaman tersebut, tapi siapa tahu kamu juga bisa membantu orang lain. Ya, bagikan pengalamanmu ke blog, lalu sertakan beberapa tips atau pengeluaran yang kamu habiskan ketika melakukan perjalanan, siapa tahu website-mu bisa seperti milik Mbak Trinity.

  • Blog tentang politik

Mengemukakan pendapat di blog mengenai politik tak harus selalu berarti kamu memihak salah satu kubu. Tapi, kamu bisa meneliti atau menganalisis pemerintahan atau situasi politik di daerah tertentu yang membuatmu tertarik untuk membahasnya.

  • Blog fashion

Jika kamu menyukai topik tentang cara berbusana, tren fashion terbaru, atau produk-produk fashion yang sedang digandrungi oleh banyak orang, jenis blog yang satu ini bisa menjadi ide bagus. Tak hanya terbatas untuk membahas tren terbaru, kamu juga bisa membagikan gaya unik fashion-mu sendiri, lho!

  • Berbagi pengalaman pribadi

Melakukan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah yang mengerikan, pernah mengajar anak-anak yatim di daerah bencana, atau bertemu dengan anak-anak bertalenta yang mengalami disabilitas bisa menjadi topik menarik yang bisa kamu bagikan di blog. Selain membagikan pengalaman, mungkin kamu juga bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk menimba pengalaman unik seperti dirimu.

  • Blog film

Blog film biasanya berisi berita, ulasan, fakta, atau pembahasan mengenai film yang pernah tayang, sedang, atau akan tayang. Selain itu, kamu juga bisa membahas fakta-fakta unik terkait profil para pemeran. Selain menggabungkan kemampuan menulis dengan hobi menonton, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan tiket premiere penayangan film jika blogmu sudah mulai dikenal banyak orang.

Berbagi ilmu:

  • Blog DIY

Seperti namanya, blog DIY atau Do-It-Yourself adalah blog yang ditujukan untuk membagikan tips menghasilkan karya yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kamu bisa melihat contoh website Paper & Stitch yang sering melakukan DIY, baik untuk fashion,  kado, atau dekorasi rumah.

  • Blog terkait finansial

Melalui blog yang membagikan ilmu terkait keuangan atau finansial, kamu bisa membantu banyak orang memahami bagaimana cara terbaik mengelola keuangan. Tak perlu repot-repot membahas tentang bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan, kamu bisa mulai membagikan tips atau ilmu keuangan untuk individu atau bisnis kecil, seperti website Save the Student.

  • Blog bisnis

Sama seperti ketika kamu melakukan perjalanan, menjalankan bisnis juga merupakan “perjalanan” tak terlupakan yang perlu dicatat. Kamu bisa membagikan tips atau pendapat pribadi mengenai bisnis yang kamu jalani. Tak hanya berbagi pengalaman, kamu juga bisa memotivasi orang lain untuk menjadi pebisnis sepertimu.

  • Blog pecinta hewan

Pilih salah satu hewan yang kamu sukai untuk dibahas, karena kamu juga bisa menggunakan blog sebagai sarana berbagi informasi terkait hewan, seperti makanan yang cocok atau harus dihindari, penyakit yang sering menyerang hewan tersebut, atau festival yang melibatkan hewan. Tak perlu takut kamu akan membuat artikelnya sendiri, karena kamu bisa membuka submission bagi mereka yang tertarik menulis untuk blogmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan blog sebagai sarana diskusi para pecinta hewan.

  • Blog lifestyle

Kalau kamu suka mengeksplor kebudayaan dan gaya hidup tertentu, ide blog yang ini cocok buat kamu. Melalui blog lifestyle, kamu bisa membagikan artikel bertopik sejarah dari suatu kebudayaan atau tempat, membahas kehidupan orang di daerah tertentu, atau menginformasikan festival kebudayaan yang diadakan di sekitarmu.

Tujuan pemasaran:

  • Blog musik dan musisi

Agar dapat mendulang keuntungan, kamu bisa membuat blog dengan tipe yang satu ini. Pasalnya, tak hanya menambahkan satu atau dua kalimat di akhir artikel, kamu juga bisa mendapatkan awareness lebih tinggi ketika website-mu berhasil mencapai peringkat tinggi di Google, contohnya seperti blog musik CreativeDisc.com.

  • Blog parenting

Biasanya, blog parenting bisa mendapatkan pengikut yang setia dengan jumlah banyak. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat blog parenting sekaligus mempromosikan produk yang relevan.

  • Blog olahraga

Jika kamu tertarik membahas topik mengenai olahraga, kamu bisa sekaligus memanfaatkan kesempatan ini dengan membuat blog olahraga sekaligus menjual produk dari blog tersebut. Salah satu contohnya adalah Fitnesia, tapi jangan lupa untuk tetap mengutamakan kualitas artikel, ya!

  • Blog makanan dan resepnya

Berbeda dengan blog mengulas makanan, blog yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual makanan yang sesuai dengan bisnis makananmu. Contohnya adalah Qetring.com yang sering membahas mengenai makanan dari berbagai daerah hingga beberapa resep sekaligus menawarkan makanan katering.

  • Blog terkait gaming

Siapa yang tidak suka bermain game? Terlebih jika kamu bisa menemukan komunitas gamer dari sebuah blog, terdengar menyenangkan ‘kan? Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengumpulkan komunitas gamer sekaligus menyajikan area untuk mempromosikan produk gaming terkait.

Meski secara langsung blog yang kelihatannya menghasilkan keuntungan adalah blog dengan tujuan pemasaran, tapi tak menutup kemungkinan blog yang kamu buat untuk memenuhi hobi atau berbagi ilmu tak bisa dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan juga. Setidaknya, ada 7 cara membuat blog yang sekaligus bisa kamu gunakan untuk memonetisasi blogmu. Simak artikelnya dari sini, ya!

Usai menentukan jenis blog apa yang ingin kamu buat, inilah saatnya kamu mengetahui bahwa ada 152 juta blog lain di seluruh dunia. Lantas, apa keunikan yang hendak dimiliki blogmu? Oleh karena itu, tugasmu adalah untuk menyajikan konten menarik yang juga mengandung kata kunci dengan jumlah tepat agar tak hanya memberi manfaat bagi orang lain, tapi juga bisa dibaca oleh mesin pencari.

Agar blogmu bisa mencapai halaman pertama Google, ada beberapa faktor utama yang perlu kamu perhatikan, yaitu kecepatan dan keamanan blog, kesesuaian dengan persyaratan SEO, dan pastikan blogmu menggunakan CMS WordPress. Pasalnya, WordPress tak hanya menawarkan kemudahan penggunaan, tapi juga segudang plugin yang bisa mengoptimalkan fungsi website-mu serta lebih mudah dideteksi oleh Google.

souce : dewaweb.com

Form

Konsultasi